SMP IT Darul Hikmah Mengadakan Kurban Bersama 1440 H

Pasaman Barat, Hari raya idul adha dikenal dengan hari raya qurban ( kurban ). Umat muslim sedunia yang mampu secara finansial dan fisik melaksanakan rukun islam kelima ,mengunjungi baitullah. Selain itu, juga terdapat ibadah lainnya yaitu menyembelih hewan kurban diberbagai belahan bumi lainnya.

Tahun ini 1440 H, di SMP IT Darul Hikmah kembali mengadakan kurban bersama pada hari Rabu ( 14/8 ) bertempat di komplek unit SMP. Hewan kurban sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing dari orangtua siswa dan civitas akademika ini akan dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Penyelanggaraan kurban berlangsung dengan baik. Seperti biasa kepanitian kurban melibatkan siswa. Keterlibatan ini menunjukkan antusiasme yang perlu diapresisasi. Tentunya ini mejadi sarana pembelajaran teknis tentang pelaksanaan kurban sesuai syari’at. Dimulai dari pemotongan, pengemasan, hingga menyalurkan daging hewan kurban kepada masyarakat sekitar.

“ Ada tiga hal sasaran utama pelaksanaan kurban di sekolah, yaitu sebagai media pembelajaran teknis, menumbuhkan nilai – nilai kebersamaan, dan kepedulian sosial khususnya bagi siswa,” ungkap Agus Hendra selaku Kepala SMP IT Darul Hikmah.

“ Besar harapan kita tahun depan peserta kurban lebih banyak lagi dari orangtua, guru, dan karyawan, sehingga nilai dan manfaatnya lebih dirasakan oleh masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Disisi lain, tujuan utama dari berkurban dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta memupuk kepedulian sosial terhadap sesama. ( Laporan: Atna Dewi )