Launching Santri Pramuka Darul Hikmah berjalan sukses

Laporan: Atna Dewi

Mewujudkan jargon baru unggul, terpercaya, dan berkarakter, yayasan Darul Hikmah launching Santri Pramuka Darul Hikmah ( SPDH ) bagi seluruh santriwan/ti dimulai pada Rabu ( 04/11 ) di unit SMP IT ( berlokasi di Simpang tiga ophir ) dan unit SMA IT ( di batang umpai ) secara bersamaan.

” Kegiatan ini baru pertama kali diadakan di Pasaman Barat bahkan di Sumatera Barat. Ini bukan kegiatan yang biasa – biasa saja. Sebab dari sini kita akan terlahir generasi pemimpin masa depan yang berkarakter. Santri berkarakter Pramuka, Pramuka berjiwa santri.” amanat pembina dengan semangat saat upacara pembukaan di lapangan utama.

Bentuk awal launching ini berupa Latihan Dasar Pramika ( LDP ) berlangsung selama 3 hari. Dengan Rangkaian materi penekanan kepada adab berserta langsung praktik/penerapan nilai oleh semua santri dalam setiap aktifitas, pencapaian target amalan yaumi, dan games kekompakan ala santri Pramuka.

Tujuan kegiatan ini untuk menanamkan karakter pribadi muslim kepada seluruh santri tanpa kecuali. Termasuk adab yang dicontohkan Rasulullah Saw, seperti adab makan, adab mandi, adab di mesjid, adab menerima tamu, adab kepada guru/orang lain, dll.

Dalam setiap kegiatan yang harus dimulai dengan apel. Hal ini suasana baru yang belum pernah ada sebelumnya. Perpaduan santri Pramuka ( sikap kedisiplinan ) dan keshalehan santri inilah yang akan menjadi ciri khas karakter santri pramuka.

Di kesempatan lain salah  satu santriwati memberikan perasaan gembira setelah mengikuti LDP ini.

” Kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat, karena dari kegiatan ini kami lebih mengetahui adab seperti yang dicontohkan Rasulullah. Selain itu, kita juga dibimbing oleh ustadz/ah sehingga kita bisa mempraktikkannya sesuai tuntunan agama,” ungkap tazkiya salah satu santriwati yang sudah memiliki hafalan 8 juz selama di SMP IT.

Kedepannya kegiatan ini bukan hanya tinggal dikertas, tetapi akan terus dipraktikkan dalam segala aktifitas sehari – hari, dari bangun hingga tidur lagi.

Sungguh pemandangan yang istimewa. Seluruh kegiatan ini berlangsung dengan antusias dan menyenangkan. Diakhiri dengan agenda penutupan/pelantikan yang mengesankan sekaligus mengharukan. Ini merupakan sebuah proses awal untuk memulai cita-cita besar melahirkan pemimpin masa depan yang berkualitas dan berkarakater.

Salam Santri Pramuka Darul Hikmah!