Berita Terbaru :

Kamis, 21 September 2017

Adab Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Sunnah Nabi




“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang Ibu Bapanya, Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun.Maka bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang Ibu Bapakmu, hanya kepada-Ku-lah kembalimu.” (QS. Luqman : 14).

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda:
“Celaka, sekali lagi celaka, dan sekali lagi celaka orang yang mendapatkan kedua orang tuanya berusia lanjut, salah satunya atau keduanya, tetapi (dengan itu) dia tidak masuk syurga.” [Hadits Riwayat Muslim 2551, Ahmad 2:254, 346]
Penjelasan ringkas dari hadits di atas: Bahwasanya kedua orang tua itu adalah ‘ladang pahala’ untuk kita menggapai surga Alloh ‘Azza wa Jalla. Terdapat kemuliaan tatkala seorang anak ikhlas dan sadar dalam memuliakan serta berbakti kepada kedua orang tuanya dalam perkara-perkara yang ma’ruf (perkara yang baik dan tidak melanggar syariat).
Adapun adab-adab anak terhadap orang tuanya adalah sebagai berikut:
1.      Mencintai dan menyayangi orang tua
Sebagai seorang anak, sudah seharusnya kita mencintai dan menyayangi kedua orang tua. Sebagaimana yang telah tertera dalam Do’a kedua orang tua ” Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tua ku. Sayangilah mereka sebagaimana mereka mengasihi aku sejak kecil”.
2.      Menanggung dan menafkahi kedua orang tua
Orang tua adalah sosok malaikat bagi kita. Dari kecil hingga dewasa mereka selalu merawat dan menjaga dengan sangat baik dan benar. Sebagai seorang anak kita wajib membalas semua yang telah dilakukan orang tua, meskipun mereka tak mengharapkan balasan.
3.      Tidak menyakiti hati dan perasaan orang tua
Terhadap orang tua, kamu harus menjaga hati dan perasaannya. Jangan pernah mengucapkan dan melakukan perbuatan yang dapat melukai hati keduanya.
“...Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik”(Al-Isra’: 23)

4.      Tetap memperhatikan orang tua meskipun sudah menikah dan memiliki keluarga
Kelak jika kamu telah menikah dan memiliki keluarga jangan sampai lupakan kewajibanmu sebagai sorang anak. Carilah redho orang tua karena Rasulullah saw bersabda : “Ridha Allah ada pada keridhaan orang tua dan murka Allah ada pada kemurkaan orang tua” (Hr. Tarmizi dari Abdullah bin ‘Amr)
5.      Mendoakan kedua orang tua
Sebagai anak kita harus selalu mendoakan orang tua. Meminta kepada Allah swt agar orang tuamu selalu dipanjangkan umurnya dan selalu diberikan kesehatan serta kebahagiaan. Rasulullah saw bersabda : “Apabila seorang meninggal, maka terputuslah amalnya selain tiga perkara : sedekah jaariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan anak saleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)
6.      Jangan mengungkit-ungkit apa yang telah di lakukan kepada orang tua.
Sedari kecil orang tua selalu melakukan apa saja demi kebahagiaan anaknya. Tanpa mengharapkan balasan apapun. Jadi jika kamu melakukan atau memberikan apa saja untuk orang tua mu, jangan sampai mengungkit-ungkit semuanya. Karena itu tidak seberapa dengan apa yang telah dilakukan dan diberikan orang tuamu dari kamu kecil. Hal tersebut dapat menyakiti dan membuat mereka meneteskan air mata.
7.      Bersikap Sabar dan Menahan Marah
Sering kali kita mendengar ucapan dari sekian banyak orang terkait orang tua yang semakin bertambah usia mereka, maka akan semakin ‘rewel’ sikap mereka, seperti anak kecil lagi. Terkadang dipicu oleh kondisi kesehatan yang sudah tidak prima lagi, terkadang orang tua semakin usianya renta mereka jadi lebih sensitif dan mudah marah. Dalam keadaan seperti ini kita harus berusaha untuk menahan diri dengan bersabar. Bahwasanya surga itu adalah tempat yang salah satu ciri-ciri penghuninya adalah mereka yang dapat menahan marah.
8.      Merawat Mereka Saat Usia Semakin Renta
Saat kita masih kecil hingga kita dewasa orang tua merawat kita dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Saat kita sakit sejak kita bayi hingga dewasa, orang tua menjaga kita siang dan malam. Maka saat mereka sudah renta, rawatlah mereka sebagaimana mereka merawat kita.
9.      Doa Anak Yang Shalih Untuk Orang Tua Yang Telah Meninggal
Doa dari anak yang sholeh begitu luar biasa memberi manfaat bagi orang tua yang telah meninggal. Telah banyak hadits yang menerangkan tentang bagaimana kebaikan yang akan didapatkan orang tua di kehidupan setelah mati tatkala memiliki anak-anak yang sholeh yang mau mendoakan mereka.
10.  Menjaga Silahturahmi Dengan Kerabat ataupun Teman Orang Tua
Termasuk juga dalam ini adalah menyambung hubungan dengan teman atau sahabat dari orang tua kita yang telah tiada.

 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.