Berita Terbaru :

Jumat, 25 November 2016

A Role Model


Karya
Ahmad Reginald S. & Nur S.

Role model adalah panutan, yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sama artinya dengan teladan yaitu "Sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk di contoh (tentang kelakukan, perbuatan, sifat, dan sebagainya)". Sedangkan Wikipedia menjelaskan role model sebagai "person who serve as an example, whose behaviour is emulated by others" yang artinya "Orang yang berfungsi sebagai contoh, yang perilakunya ditiru orang lain". Jadi, kalau digabungkan dua makna diatas menjadi, “Orang yang mempunyai kelakuan, perbuatan, sifat dan sebagainya yang patut ditiru atau baik, dan orang tersebut dijadikan contoh oleh orang lain”.

Dari kecil hingga dewasa seorang manusia masih melakukan aktifitas meniru apa yang dilakukan oleh manusia lainnya, artinya manusia selalu membutuhkan role model dalam hidupnya. Dan untuk seorang muslim yang paling layak dijadikan role model adalah Nabi Muhammad SAW, karena ucapannya yang selalu jujur juga perbuatannya yang tidak pernah menyakiti dan tidak ada seorang manusia pun yang mampu menyaingi beliau.
Dalam Quran surat al-ahzab ayat 21 juga disebutkan "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah (Muhammad) itu suri teladan yang baik bagimu.."
Dan dalam surat al-Qolam ayat 4 disebutkan "Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung".

Seorang ahli astronomi asal Amerika Serikat, Michael H. Hart pada tahun 1978 dalam bukunya The 100: A Rangking of the Most Influential Persons in History menempatkan Nabi Muhammad pada urutan nomor 1. Dia menuliskan pengaruh nabi Muhammad sebagai the central human figure of Islam, adalah seorang social reformer, diplomat, humanitarian, philanthropist, merchant, philosopher, orator, legislator, and military leader.

Nabi Muhammad SAW selalu memberikan contoh dengan sangat istiqomah kepada ummat Islam dalam menjalankan ibadah, padahal beliau sudah dijamin masuk surga. Jika seandainya tidak ada contoh dari Nabi Muhammad SAW mungkin saja ada orang Islam sholat hanya dengan sujud atau rukuk saja. Sampai Beliau bersabda tentang sholat yang artinya: "Sholatlah sebagaimana aku sholat".

Dalam Al Qur'an sendiri sangat dianjurkan agar memberikan contoh menjadi teladan bagi orang lain. Bahkan jika ada orang beriman berkata (menyuruh) kebaikan tanpa ia sendiri pernah melakukannya, maka disisi ALLAH itu sangat dibenci. QS.2:44, QS.61:2-3.

Di sekolah banyak murid yang juga menjadikan gurunya sebagai role model, karena murid-murid menilai seorang guru adalah yang lebih tinggi ilmunya dan lebih santun akhlaknya, bahkan tidak sedikit siswa yang bercita-cita jadi guru karena teladan yang diberikan guru tersebut yang membuat siswa merasa nyaman.

Role model juga bisa menjadi jalan kita dalam mencapai target masa depan yang kita inginkan. Banyak orang yang dibingungkan oleh target yang sudah dibuat, harus dimulai dari mana, apa yang harus dilakukan dan lain sebagainya. Hal tersebut senantiasa memutari pemikiran hingga akhirnya saat jenuh tiba maka target itu dilupakan dan mengikuti arus air yang mengalair ataupun terjebak dalam rutinitas yang menjauhkannya dengan target hidup. Disaat seperti itu selalu ada sosok-sosok yang menjadi role model untuk menuntun targetan hidup menuju apa yang diinginkan.


Belajar dari orang-orang yang berasal dari latar belakang yang sama dan berhasil menaklukkan situasi yang mengekang mereka bisa membantu orang lain untuk tumbuh lebih baik, kesalahan yang pernah mereka kerjakan bisa dihindari dan keberhasilan mereka dapat ditiru. Ibarat saat memasuki semak belukar, mereka adalah orang yang pertama lewat dan harus menebas semak belukar yang menghadangi jalan. Sedangkan orang kedua tinggal mengikuti saja jalan mereka, tidak perlu bersusah payah menebas belukar dan bisa menyimpan tenaga hingga sampai diujung jalan yang diraih orang pertama, selanjutnya bisa melanjutkan lebih jauh lagi.
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.