Berita Terbaru :

Jumat, 19 Agustus 2016

SMP IT Darul Hikmah Sambut Baik Gerakan Literasi Sekolah



SMP IT Darul Hikmah merespon himbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Program positif itu bertujuan membiasakan dan membangkitkan memotivasi siswa agar mau membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti.
Gerakan membaca dan menulis mewajibkan guru dan murid membaca buku non pelajaran minimal 15 menit sebelum memulai pelajaran di sekolah. Kebijakan itu diatur dalam Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015.
Kegiatan literasi tidak hanya membaca, tetapi juga dilengkapi dengan menulis. Siswa diharapkan mampu menghadirkan pesan dan gagasan dari berbagai buku bacaannya melalui karya tulisan. Setiap tulisan akan dikumpul ke guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk dilakukan seleksi dan pembinaan. Bagi karya yang layak akan dikirim dan diterbitkan diberbagai media massa dan website sekolah.
Siswa dengan tulisannya berhasil dimuat di media akan mendapat nilai plus untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu karya yang dimuat akan diumumkan melalui pengeras suara serta dipajang di mading sekolah, disamping juga akan diberi reward pada penghujung semester ketika pembagian rapor pertengahan semester.
Sebagai gerakan awal SMP IT Darul Hikmah menghimbau agar setiap siswa memiliki buku bacaan non pelajaran, seperti buku pengetahauan umum, agama (islam), novel pembingkit motivasi, dan sejenisnya. Kegiatan membaca berlangsung di dalam kelas dua kali perpekan dari jam 07-00 – jam 07.29 WIB sebelum jam pelajaran dimulai. Empat hari berikutnya diisi dengan mengulang hafalan Quran oleh masing-masing siswa, yang dibimbing oleh guru yang masuk pada jam pertama pelajaran.
Kepala SMP IT Darul Hikmah Abri Maijon, mengungkapkan perasaan haru dan bangganya ketika menyaksikan siswa larut dalam hening membaca buku, menemukan inspirasi dan menulis. “Kita menyambut baik LGS, program ini akan menumbuhkan minat membaca, dan membangkitkan tradisi menulis” Menurut Abri, lembaga yang ia pimpin akan serius memfasilitasi dan memberikan penghargaan bagi siswa yang mampu membaca lebih banyak, dan menghadirkan karya tulisan. Program LGS di dalam kelas hanya permulaan untuk menumbuhkan minat baca diberbagai kesempatan. 











 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.