Berita Terbaru :

Senin, 29 Agustus 2016

PLS SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT SUKSES





oleh: Kusrin, MZ

SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat yang terletak di Nagari Koto Baru Luhak Nan Duo tahun ini telah menjaring 100 siswa berbakat dari berbagai sekolah di tiga kabupaten di Sumatera Barat. Yaitu, Pasaman Barat, Pasaman dan Agam. Mengawali ajaran baru 2016-2017 SMP IT Darul Hikmah melakukan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang dulu kita kenal dengan dengan MOS (Masa Orientasi Siswa). Kegiatan yang rutin dilakukan disetiap sekolah di awal ajaran baru ini di gawangi oleh OSIS SMP IT Darul Hikmah dibawah komando Wakil Kesiswaan, berjalan dengan baik, sukses dan menyenangkan.
Siswa baru ajaran 2016-2017 ini merupakan  angkatan ke-9. Dibawah komando Kepala sekolah dan Waka Kesiswaan SMP IT Darul Hikmah sukses melaksanakan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah). Sebenarnya kegiatan tahun ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya ketika masih bernama MOS, hanya saja pada kegiatan kali ini, sesuai dengan instruksi kementrian Pendidikan Anis Baswedan lebih menekankan pada pengenalan lingkungan sekolah. Yang didalamnya menjunjungi tinggi nilai moral dan nilai pendidikan berkarakter. Tidak ada lagi istilah peloncoan dan menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat.
Kegiatan ini dibuka dilapangan utama SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat oleh kepala sekolah Ust Abri Maijon, S.Pd  yang di tandai dengan penyematan kokarde secara simbolis kepada salah seorang peserta sebagai perwakilan.
Sekolah yang sudah banyak meraih prestasi dan keunggulan dibidang tahfidz ini melaksanakan PLS selama 4 hari dengan jumlah peserta 100 orang. Peserta dibagi dua, 49 putra dan 51 putri. Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok yang terpisah antara siswa putra dan siswa putri.
Hari pertama PLS di awali dengan kegiatan pengenalan seluruh guru dan pegawai serta kakak seniornya. Kemudian dilanjutkan dengan game ringan. Hari ke-2 dilanjutkan dengan penyampai materi yang dibagi dalam bebera sesi. Sesi pertama: pengenalan profil sekolah yang di sampaikan oleh kepala sekolah Ust Abri Maijon, S.Pd  lalu dilanjutkan dengan sesi ke-2 yaitu pengenalan tentang kepondokan atau pengasuhan dalam hal ini langsung disampaikan oleh Pimipinan pondok ust H. Firdaus. Hari ke-3 ketiga dilajutkan dengan penyampaian materi tentang kesiswaan dan aturan sekolah yang disampaikan Waka Kesiswaan ust Agus Henda, S.PdI dan  sesi ke-4 penyampaian materi kurikulum oleh Waka Kurikulum ustadzah Suci Ramadhani, S.S. Sesi terakhir semua peserta di ajak oleh panitia untuk keliling lingkungan sekolah. Menunjukkan lokasi tempat belajar mereka dan beberapa gedung yang ada dilingkungan sekolah. Mereka juga dikenalkan bagaimana mengahafl Al-Quran dengan baik dan menyenangkan, membiasakan hidup disiplin, sehat dan berakhlakul karimah.
Pada penutupan kegiatan PLS di SMP IT Darul Hikmah di tutup oleh kepala Sekolah Ust Abri Maijon, S.Pd. Peserta terbaik diraih oleh Shadiq Al-Hadi dari SD-Elma’arif dan mendapat bingkisan dari sekolah. Dalam penutupan ini kepala sekolah menyampaikan rasa gembira dan senangnya, karena semua bisa mengikuti acara PLS sampai selesai, dan beliau juga berharap kepada semua peserta PLS agar menjadi siswa yang Shaleh, tangguh, kuat dan berprestasi. Diakhir sambutannya beliau juga menyampaikan, “dengan ditutupnya kegiatan PLS ini maka semua peserta sudah sah dan resmi menjadi siswa-siswa SMP IT Darul Hikmah tahun 2016-2017.”
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.