Berita Terbaru :

Rabu, 02 Maret 2016

Mengukir Keindahan Diatas Perbedaan


| Karya: Aisyah Qurrata Ayun |

Kita hidup dihiasi oleh banyak perbedaan. Namun, bukan berarti dengan hadirnya perbedaan membuat hancurnya keindahan hidup. Justru, dengan adanya perbedaan. Hidup akan lebih indah, memiliki banyak warna, dan rasa. Lihat saja pelangi, pelangi akan tetap terlihat indah walau terbentuk dari warna – warna yangberbeda. Coba jika pelangi hanya memiliki satu warna ”merah” misalnya. Pasti polos saja bukan? Sehingga tak akan indah dan tak menarik.
Tak selamanya perbedaan membawa kepada kejelekan atau ( bahkan ) petaka. Ya walaupun terkadang memang terlihat benar adanya. Perbedaan sering membawa kejelekan bahkan menjadi petaka yang membuat kita menjadi trauma. Tetapi, semua bisa diatasi dengan rasa saling menghargai.
Misalnya, dalam muyawarah kita pasti akan temui perbedaan pendapat. Tidak semua pendapat itu yang diterima. Pendapat yang terbaik dan bisa memberi solusi yang akan dijadikan keputusan.
Jadi, jika pendapat atau usulan kita belum diterima, maka cobalah untuk menghargai pendapat orang lain yang sudah menjadi keputusan bersama. Jangan hanya mementingkan ego pribadi. Disini kita diminta untuk hidup bersosial. Kalau hanya mementingkan ego atau keinginan pribadi, maka itulah yang akan merubah perbedaan menjadi petaka.
Sebenarnya perbedaan itu indah bukan? Indonesia juga memiliki banyak perbedaan. Perbedaan suku, agama, dan budaya semuanya memiliki ciri khas tersendiri. Tidak mustahil jika hidup ditengah perbedaan, kita juga bisa mengukir keindahan diatasnya. Seperti semboyan negeri kita ”Bhinneka Tunggal Ika”, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Itulah yang akan menambah warna dunia menjadi lebih indah.
Perbedaan itu hal yang wajar. Allah menjelaskan bahwa manusia dciptakan bersuku – suku  dan berbangsa – bangsa agar saling mengenal. Nah, dari Q.S Al-hujurat ayat 13 tersebut menandakan bahwa Allah – lah yang menciptakan segala bentuk  perbeaan, agar kita saling mengenal satu sama lain.
Coba pikirkan kalau tidak ada perbedaan, pasti kita akan kesulitan dalam mengenal sesuatu karena bentuknya sama. Sulit juga ya? Anak kembar saja bisa dikatakan berbeda. Tidak mungkinkan sama persis.
 Bisa jadi perbeaannya terletak dar segi penampilan atau gayanya dalam bergaul. Anak kembar yang mirip wajahnya saja memiliki perbedaan. Apalagi kita yang jelas memiliki wajah yang berbeda, pasti kita banyak memiliki  perbedaan. Itulah Allah yang menciptakan segala perbedaan. Semua ada hikmahnaya, maka syukuri dan jagalah nikmat tersebut karena perbedaan itu indah.
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.