Berita Terbaru :

Selasa, 08 Maret 2016

Firdaus: “Gerhana Tanda Kekuasaan Allah”


























Dalam rangka memaknai sunnah nabi Muhammad SAW, SMP IT Darul Hikmah melaksanakan Sholat khusuf (gerhana). Kesempatan langka itu tidak disia-siakan keluarga besar Darul Hikmah, para guru dan siswa menggelar sholat gerhana, di lapangan sekolah, Rabu, 9/3/2016.  Jamaah sudah terlihat memadati lapangan sejak pukul 06.30 WIB. Sholat dimulai pukul 07.20 dipimpin langsung pimpinan Pondok Pesantren Darul Hikmah Ustadz H. Firdaus bertindak sebagai Imam seklaigus khatib. Sholat gerhana di Darul Hikmah juga dihadiri masyarakat umum.
Ustadz Firdaus dihadapan jamaah sholat sunat khusuf mengatakan peristiwa gerhana matahari adalah tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Dengan adanya peristiwa tersebut diharapkan umat muslim meningkatkan imannya, memperbaiki diri dan ibadahnya kepada Allah.
Oleh karenanya menurut pria alumni Ashaulatiah Makkah Al-Mukarramah ini muslim dalam peristiwa gerhana jangan hanya menonton saja, melainkan harus berzikir menyebut nama Allah SWT sebanyak-banyaknya. Sebab dalam peristiwa itu banyak hikmah yang terkandung di dalamnya. “Gerhana sebagai pertanda bahwa Allah SWT yang mengendalikan alam semesta," tuturnya.
Ustadz Firdaus dalam lanjutan khutbahnya menyampaikan berdasarkan hadis rasulullah, menjelaskan bahwa gerhana bukanlah sekadar fenomena alam biasa. Gerhana merupakan fenomena alam yang memang Allah kehendaki sebagai salah satu ayat (tanda) kebesaran-Nya.
Sebab, gerhana adalah Allah menjadikannya sebagai peringatan agar hamba-hamba-Nya takut kepada-Nya. Maka tatkala terjadi gerhana hendaklah umat manusia segera ingat kepada Allah SWT dan segera menyadari bahwa Allah sedang mengingatkan kelalaian mereka dengan ancaman adzab-Nya.
               Kesalahan sebagaian manusia justru menjadikan fenomena gerhana tersebut sebagai hiburan. Ketika ada informasi bahwa gerhana akan terjadi pada hari tertentu pada jam tertentu, maka mereka bersiap dengan kamera dan teropong masing-masing, mencari tempat-tempat strategis untuk menyaksikan peristiwa 'indah' itu. Padahal gerhana adalah sebagai peringatan bagi manusia dari Allah SWT. Ab.




 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.