Berita Terbaru :

Senin, 15 Februari 2016

SAMPAH MALANGNYA DIRIMU

oleh: M. Echa Farhan  (Siswa SMP IT Darul Hikmah)
Dimuat di harian Singgalang kolom SMS 2015

Sejauh mata memandang, sampah selalu memenuhinya. Sampah yang sekarang sudah menjadi teman
sehari-hari yang selalu menemani.
Sampah yang selalu ada, akan membawa semua virus penyakit yang mematikan. Berbagai macam penyakit akan menjangkiti, seperti diare, cacingan, dll. Itu semua adalah akibat tangan-tangan yang tak beranggung jawab. Dan tak mau peduli apa yang akan terjadi selanjutnya. Banyak orang-orang makan di tempat umum, tetapi berat sekali tangannya untuk menyimpan sampahnya ke tempat sampah yang telah disediakan. Padahal pemerintah telah banyak membuat slogan ataupun peringatan “ jangan buang sampah sembarangan”.
Indonesia yang merupakan Negara paling indah pemandangannya dan juga terkenal tempat wisata yang eksotis, seharusnya malu. Karena setiap harinya wisatawan-wisatawan asing dan local sering berkunjung untuk menikmatinya. Indonesia yang mayoritasnya Islam tidak belum bisa menjaga kebersiahan. Malahan Negara yang manyoritas non muslimnya yang memegang teguh kebersihan tersebut. Contoh saja Negara tetangga Singapura yang merupakan Negara terbersih di dunia, Jepang di kenal dengan Negara Sakura.
Negara di atas memberiakn penghargaan yang besar kepada petugas kebersihannya. Dan rakyay didik betul untuk menciptakan disiplin yang tinggi. Bagi yang melanggar medapatkan sanksi yang tegas. Kalau kita bandingkan dengan Indonesia tentu tidak sebanding penghargaan dari pemerintahnya yang tekesan cuek dan seoaroh hati. Ditambah lagi perhatian dan disiplin dari rakyatnya yang lemah.
Kalau Indonesia terus menerus begini, maka akan menjadi terkotor. Dan untuk menjadi negera terbersih jauh rasanya. Oleh sebab iti mari kita tanamkan dalam diri kita masing-masing untuk memulai dari sekarang menjaga kebersihan, menahan membuang sampah sembarangannya, mengajarkan kepada anak-anak didik, anak-anak di rumah. Sehingga mimpi besar kita semua untuk menjadikan Indonesia Negara bersih, indah dan nyaman akan terwujud.

 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.