Berita Terbaru :

Jumat, 29 Januari 2016

LIBURAN PENUH MAKNA DI SMP IT DARUL HIKMAH

   [Laporan : Kusrin, MZ]
  (Dimuat di harian Singgalang, Jumat 12 Januari 2016 Kolom Nagari 1 Miliar Pasaman Barat)

Musim liburan tidak hanya di isi sepenuhnya dengan berlibur dbermain sepuasnya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk     mengisi waktu libur. Ada yang bernilai hiburan, pendidikan dan   menguatkan Ruhiyah.
SMP IT Darul Hikmah satu-satunya sekolah terletak di Pasaman Barat yang tergabung dalam kelompok Sekolah Berbasis Pesantren (SBP), dimana salah satu unggulannya adalah hafalan Al-Quran setiap siswanya.
Waktu liburan semester ganjil kemaren melakukan Muqayyam Al-Quran selama tiga hari, yang di mulai dari hari Jumat-Ahad tangal 1-3 Januari 2016 M. Demi mengisi liburan dan menyambut semester baru maka di isi dengan acara yang menambah nilai-nilai kebaikan
.
Acara ini adalah rangkaian dari agenda Raker yang sudah di tetapkan sebelumnya. Acara ini di prakasai oleh pimpinan pondok ustadz H. Firdaus dan Direktur tahfizd ustadz H. Abdul Hadi, Lc sekaligus  sebagai ketua pelaksana. Acara ini melibatkan seluruh musyrif tahfizd dan selurus siswa yang tergabung dalam SMP dan SMA IT Darul Hikmah. Bentuk acaranya, siswa di pisah menjadi dua kelompok besar antara siswa putra dan siswa putri. Siswa putra bertempat di masjid putra dan depan ruang kelas 9 sementra putri bertempat di mushalla putri dan ruang kelas putri. Dari kelompok besar tadi dibagi lagi menjadi kelompok sesuai angkatannya, setiap angkatan di bagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil, dengan setiap kelompoknya berjumlah antara 8-10 orang dan setiap kelompok di dampingi oleh musyrif tahfidznya.
Hari pertama, Jumat tanggal 1 Januari dilakukan pembukaan secara resmi. Seluruh siswa yang berjumlah 270 SMP dan 24 SMA bekumpul dilapangan utama dengan semangat di sertai dengan seragam batik  mereka. Acara dimulai dari jam 07.30-08.00 WIB. Acara ini di buka oleh ust Firdaus secara resmi. Dalam sambutannya ust Firdaus menyampaikan, “acara ini adalah acara yang kita tunggu-tunggu, muqayyam kali ini adalah muqayyam ke-2 setelah muqayyam setahun yang lalu. Bagi yang hari ini duduk kelas 8 bararti mereka telah mengikuti yang kedua kalinya dan bagi antum yang duduk di kelas 7 dan 10 ini yang pertama bagi antum. Kegiatan ini adalah kegiatan terbaik buat antum dalam mengisi liburan dan menyambut semester baru, karena di saat teman-teman sebaya antum sedang asyik berlibur dan bermain menyambut tahun baru dengan kegiatan sia-sia dan negatif lainnya antum disini justru bersama Al-Quran, hari-harinya bersama Al-Quran dan menjadi sahabat Al-Quran.  Dan di akhir sambutannya beliau juga menyampaikan dihadapan seluruh peserta Muqayyam,”bagi siapa yang terbaik diantara antum maka sekolah akan memberi apresiasi berupa hadiah dengan uang tunai”.
Setelah acara pembukaan seluruh peserta berkumpul ke masjid masing-masing untuk telebih dahulu menonton video motivasi tentang sukses menghafal Al-Quran. Setelah menonton selesai dilanjutkan dengan sholat Dhuha lalu bergabung berdasarkan kelompoknya masing-masing. Ada yang berlarian  dengan kegirangan.
Hari pertama semua peserta hanya di tuntut untuk menyetorkan hafalan satu semester terakhir.  Khusus kelas 9 mereka dituntut untuk menyetorkan hafalan dari awal Juzz 3 sampai 9 lembar berikutnya.  Dan untuk kelas 7 dimulai dari juzz 1 begitu juga kelas 8 dimulai dari juzz 2. Acara hari pertama selesai sampai jam 16.30. 
Hari Ke dua, acara kembali di lanjutkan seperta hari pertama, semua peserta berkumpul sesuai kelompok masing-masing. Hari ke dua ini kelas 9 kembali melanjutkan setoran hafalanya dari hari pertama. Bagi yang selesai muraja’ah juzz 3 maka dilanjutkan balik ke juzz 1 dan seterusnya juzz 2. Bagi kelas 7 dan kelas 8 bagi hari pertama yang sudah selesai setoran murajaah juzz 1 dan juz 2 maka dilanjutkan dengan menambah hafalan baru.
Hari ketiga, hari terakhir ini juga tidak jauh berbeda dari hari ke dua, setiap siswa juga melanjutkan setoran dan hafalan barunya. Hari kedua ini sampai jam 11.50 wib. Dan jam 16.30 wib kegiatan muqayyam ini di tutup. Sebagaimana di awal kegiatan ini anak-anak kembali dikumpulkan di lapangan untuk mengikuti acara penutupan serta mendengrkan pengumuman siapa yang jadi terbaik di antara mereka.
Sementara Ust Kusrin salah seorang guru tahfidz di sela-sela acara mengatakan, “acara ini menyenangkan bagi siswa, karena meraka terbantu untuk lebih cepat menuntaskan target hafalannya, dan  waktu libur mereka lebih bermakna serta tidak ikut-ikutan pesta kembang api dan tiupan terompet yang memang bukan budaya Islami. Kami sengaja mengambil moment ini karena waktu liburan semester selalu bertepatan dengan momen tahun baru. semoga acara terus berlanjut di tahun berikutnya,” tambahnya lagi.

Dalam penutupan tersebut ust Abdul hadi selaku ketua pelaksana mengumumkan para pemenang:
Kelas 9 yang terbaik adalah: Hafiz Setiawan dan Vina Kartini masing berhasil menuntaskan murajaah hafalannya sebanyak 56 halaman
Kelas 8 yang terbaik adalah: Kurnia Khairil Fata, murajaah 1 juzz serta hafalan baru 1/2 juzz dan Annisa Devi Ramadhani murajaah 1 juzz serta hafalan baru 8 halaman.
Kelas 7 yang terbaik adalah: Ahmad Zaki H dan Rahmanisa Qalbi As-Syifa masing-masing murajaah 1 juzz dan hafalan baru 6 halaman.
Di akhir acara penutupan ust Abdul Hadi menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang mengikuti dari awal hingga akhir dan juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh guru/musyrif tahfidz yang senantiasa menemani anak-anaknya. Dan menyampaikan sampai jumpa di muqayyam ke 3 tahun depan.
Dalam acara ini siswa tidak hanya di tuntut setoran dan menghafal sebanyak-banyaknya, tapi juga di tuntut untuk menjaga adab terhadap Al-Quran, senantiasa sholat tahajut di malam harinya serta sholat Dhuha di pagi harinya. Semoga menjadi sahabat Al-Quran.

 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.