Berita Terbaru :

Minggu, 10 Januari 2016

Berbeda Itu Indah



|Karya: Raudhatul Fauziah |


Tak semua perbedaan  itu merugikan. Terkadang perbedaan itulah yang dapat memberi kesan indah penuh warna. Jangan jadikan perbedaan itu sebagai perbandingan antara diri kita dengan orang lain, karena dapat menimbulkan penafsian yang salah mengenai definisi perbedaan itu sendiri. Sehingga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain .
Berbeda itu indah. Sebab perbedaan dapat menciptakan sikap perhatian antara yang satu dengan yang lain. Disisi lain perbedaan juga dapat menimbulkan permasalahan atau sikap melebihkan. Bagaimana jika ada perbedaan pendapat? Jika halnya semua orang memiliki pendapat yang sama. Pastilah tidak akan ada para demonstran yang menolak kebijakan dari para pemimpinnya walaupun itu kemaksiatan.
Jika halnya tidak ada perbedaan, maka tidak akan ada masalah didunia, dan tidak akan akan syurga ataupun neraka yang menjadi pembeda setiap amalan manusia. Dan masih banyak lagi contoh kasus lainnya berkenaan dengan perbedaan.
Allah menciptakan manusia dalam rupa, pemikiran, dan emosional yang berbeda. Tujuannya agar manusia dapat memahami keadaan satu sama lain. Dan dapat menjalin hubungan untuk mempermudah permasalahan hidup.
Setiap perbedaan menyimpan kelebihan dan kekurangan kita. Semuanya tergantung bagaimana cara kita dalam menyikapinya. Untuk itu, supaya kita tidak terjerumus ke jalan yang sesat. Perlu kita bersama – sama menggali potensi diri dan menemukan kekurangan diri supaya dapat mengintropeksi diri dan mengubah diri menjadi yang lebih baik.
Janganlah merasa minder terhadap perbedaan kita dengan orang lain, karena  Allah menyukai perbedaan atas dasar ketakwaan. Yakinlah, bahwa perbedaan itu akan memberikan dampak positif terhadap diri sendiri.
Orang yang berbeda dengan orang disekitarnya bagaikan bunga Mawar yang tumbuh diantara beribu bunga Melati.  yang menjadikan bunga mawar itu sebagai sesuatu yang unik dari yang lain. Jadilah seperti bunga mawar. Yang masih dapat hidup ditengah – tengah masyarakat dengan dihiasi oleh beribu keunikan diri. Banggalah menjadi diri sendiri segala keunikan.

*Dimuat dalam koran Harian Singgalang, 17 Oktober 2015.
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.