Berita Terbaru :

Senin, 12 Januari 2015

SMP IT Darul Hikmah Sambut Semester Baru dengan ‘Kemah’ Al-Quran



         






       SMP IT Darul Hikmah mengadakan kemah (mukhayyam)  alqur’an sebagai awal dan pembuka kegiatan sekolah semester genap 2015/2016. Kegiatan berlangsung pada hari Jumat-Ahad, 2 – 4 Januari 2015, bertempat di gedung Laboratorium IPA SMP IT Darul Hikmah yang baru saja siap dibangun bagi siswa putra. Khusus putri kegiatan dipusatkan di ruang kelas belajar. Kemah Alquran dimaknai sebagai upaya menanamkan nilai Al-Quran terhadap siswa siswa tentang bagaimana mencintai Al-Qur’an, sekaligus diharapan memiliki karakter sebagai seorang pelajar seperti yang diharapkan Al-Quran. “Hidup bersama Al-Quran, dan Mengakrabkan diri dengan Al-Quran” merupakan tema kegiatan ini.
Program pasca libur itu mendapat sambutan dan respon positif oleh para siswa. Merupakan kegiatan yang diagendakan rutin setiap awal semester. Ketua Panitia pelaksana Ust. Abdul Hadi, Lc mengatakan Mukhayam Al-Quran yang dilaksanakan diawal semester bertujuan membantu siswa mempercepat target hafalan qurannya yang sudah ditetapkan satu juz pertahun. “Sekolah tidak menginginkan siswa terbebani dipenghujung semester, karena berhadapan dengan ujian akhir semester. Tiga hari pelaksanaan mukhayyam Quran, siswa diharapkan mampu menghafal ayat AlQuran minimal 3 – 4 halaman” ungkap pria jebolan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir yang saat ini juga mengajar di sekolah boarding school itu.
Pemateri kegitan itu berasal dari para nara sumber yang juga hafizh Quran, diantaranya Ust. Eddy Junaedi, Pimpinan Rumah Tahfizh Quran Pasaman Barat, Elvi Rahmi, Lc (Guru Tahfizh SMP IT Darul Hikmah), dan H. Firdaus, alumnus Ma’had ‘Aly Ash-Shaulatiyah Makkah Al-Mukaramah.
Agenda itu juga turut disukseskan oleh para guru SMP IT Darul Hikmah yang sebelumya mendapat amanah sebagai pembimbing kelompok tahfizh siswa. Semua siswa dikelompokkan dan dibina oleh masing pembimbing yang sudah ditunjuk. Terlihat antusias dan semangat cukup tinggi oleh para siswa. Ust. Abdul Hadi menyampaikan rata-rata siswa mampu mencapai target hafalannya 4 halaman selama kegiatan berlangsung.
Sebagai sekolah terpadu, SMP IT Darul Hikmah memprogramkan Tahfizh Quran sebagai program unggulan, dan sekaligus ciri khas sekolah yang masuk dalam program pemerintah pusat sebagai Sekolah Berbasis Pesantren (SBP). Sekolah yang beralamat di Simpang Tiga, Luhak Nan Duo itu juga memberikan porsi waktu yang cukup luas untuk program pendidikan Al-Quran, seperti kegiatan reguler tahfizh 2 kali sehari, diantaranya setelah subuh, dan sore setelah asar. Selain itu juga tersedia kesempatan 10 menit jam pertama setiap hari saat PBM berlangsung, siswa menyampaikan hafalannya di depan kelas secara bergiliran.
Ustazah Elvi Rahmi, Lc menyampaikan dalam paparan materinya bahwa keperluan seorang muslim terhadap Al Qur’an adalah melebihi keperluan dirinya terhadap makan dan minum. Oleh karena itu Allah memerintahkan untuk selalu berhubungan dengan Al Qur’an. Kegiatan itu diakhiri dengan pemberian penghargaan bagi peserta terbaik untuk siswa berprestasi yang mengikuti kegiatan dengan penuh kesungguhan dan disiplin. Abri M, SMP IT Darul Hikmah, Pasaman Barat.
   

 

 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.