Berita Terbaru :

Selasa, 13 Januari 2015

Karate, SMP IT Darul Hikmah Adakan Ujian Kenaikan Sabuk


 Sekitar 90 karateka Institut Karate do Indonesia (INGKAI) berasal dari siswa dan guru dojo (tempat latihan) SMP IT Darul Hikmah mengikuti ujian kenaikan tingkat untuk semester satu periode 2015. Bertempat di gedung serba guna SMP IT Darul Hikmah, Minggu, 8 Januari 2015. Sebuah penghargaan dan prestasi yang membanggakan berhubung SMP IT Darul Hikmah mrupakan ranting baru INKAI di sekolah berkonsep boarding school itu.  

Ujian kenaikan tingkat karate adalah penurunan sabuk Kyu 10 yang berwarna putih ke kyu 8 atau warna kuning. Kegiatan olah raga beladiri itu mendapat sambutan hangat dari seluruh stake holder sekolah,  terbilang istimewa karena dihadiri pelatih dan pengurus INGKAI tingkat provinsi secara bersamaan datang ke komplek SMP IT Darul Hikmah.
            Kepala SMP IT Darul hikmah dalam sambutannya dihadapan peserta dan tim penguji mengungkapkan rasa bangganya kepada para tamu dan tim penguji. Ia berpesan kepada seluruh peserta agar mengikiti rangkaian kegiatan dengan sepenuh hati dan kesungguhan. Kepada tim penilai ia berharap agar dilakukan penilaian seobjektif mungkin agar didapatkan bibit peserta yang berkualitas untuk diproyeksikan berbagai ajang kompetisi/perlombaan bergengsi ke depan. Lebih lanjut pria yang juga guru TIK di sekolah terpadu ini juga menjelaskan di samping keterampilan beladiri, kegiatan oalahraga yang melibatkan fisik itu juga bagian dari anjuran rasulullah, bahwa mukmin yang kuat lebih Allah cintai dari pada yang lemah. Melalui karate juga mendidik diri untuk sporti dan disiplin. Ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, pelatih senior Sensei Darlis, penyandang sabuk hitam selaku Ketua Tim Penguji berharap agar di masa depan para karateka ini bisa berprestasi dalam setiap kejuaraan Karate. Untuk itu diperlukan pelatih yang berkualitas, berdedikasi tinggi dan sabar dalam mendidik dan melatih  para atlitnya. Dalam ujian kenaikan tingkat kali ini, para peserta diawasi langsung oleh para instruktur berpengalaman. Mereka mengujikan tiga materi untuk dipraktekkan langsung oleh peserta. Materi ujian tersebut terdiri atas gerakan dasar (kihon), jurus (kata) dan pertarungan (kumite).
"Ujian kenaikan tingkat adalah merupakan hasil evaluasi bagi para karateka dalam berlatih selama enam bulan di dojo nya masing-masing. Peserta ujian harus mampu melakukan teknik pukulan tangan (tsuki waza), tendangan kaki (geri waza), tangkisan (uke) dan kuda-kuda (dachi) dengan baik dan benar. Demikian pula kemampuan kata dasar (Heian), juga harus ditampilkan oleh peserta ujian dengan baik dan benar", papar Sensai Darlis dari kota Padang.
            Sebagai lulusan terbaik dalam ujian semester ini yaitu: Muarif siswa kelas VIII SMP IT Darul Hikmah lulus dari sabuk Putih naik ke Kuning (Kyu 10 - ke Kyu 8), karateka Agus Hendra dan Zul Isnaendi (Guru SMP IT Darul Hikmah) lulus dari sabuk Kuning naik ke sabuk Hijau (Kyu 8 - ke Kyu 6). Turut hadir dalam kesempatan itu Sensei/pelatih SMP IT Darul Hikmah, Irfan Nudri.









 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.