Berita Terbaru :

Senin, 01 Desember 2014

SMS Singgalang yang Dinanti


   
Siang, selepas sholat zhuhur adalah waktu yang ditunggu. Menunggu kedatangan seorang bersepeda motor yang setiap hari selalu setia dengan tugasnya mendatangi tempat kami, satu diantara alamat tujuan yang ia datangi. Dialah petugas loper koran harian Singgalang yang berjasa.  Surat kabar itu memang selalu datang terlambat.                    
           Maklum, karena jarak yang jauh dari Ibukota Provinsi di tambah jalan yang rusak parah menuju Pasaman Barat adalah alasan logis surat kabar itu tidak bisa masuk lebih pagi.
Hari Rabu, adalah hari yang istimewa buat warga sekolah, terutama bagi guru dan siswa di SMP IT Darul Hikmah. Sekolah ini memang sedang terkena ‘virus’ menulis. Siswa dan gurunya banyak yang gemar menulis, sekolah menyediakan kelas jurnalistik. Mewadahi siswa yang menyukai karya sastra. Sudah banyak karya siswa dan guru yang dimuat di harian Singgalang terutama di rubrik Singgalang Masuk Sekolah (SMS).
Karya guru dalam bentuk artikel, puisi dan cerpen juga banyak dimuat di harian yang sama. Di banyak kesempatan pimpinan sekolah dan guru memberi saran kepada anak-anak agar menggunakan waktu luangnya untuk menulis. “Menulis itu menyegarkan dan melepaskan uneg-uneg” ungkapku memberi motivasi. “Menghayal dan melamun tidak dilarang, tuliskan hayalan dan lamunanmu, agar menjadi cerpen, pusi atau lainnya”. Kata guru lain.
Karya guru dan anak-anak yang sudah dimuat itu kini terkumpul dalam arsip kliping media yang rapi, dan cukup tebal. Didokumentasikan pihak sekolah. Dan (kliping media itu) menjadi oleh-oleh dan cindera mata bagi tamu-tamu ‘penting’ yang datang berkunjung ke sekolah.
Tamu yang mendapatkan bingkisan terlihat membolak-balik lembar demi lembar, sesekali mengangguk dan terkesima. “ini karya luar biasa, tak banyak yang fokus terhadap  karya besar ini, pembelajaran terbaik untuk anak-anak” ungkapnya.
Bagi SMP IT Darul Hikmah, karya dalam bentuk tulisan yang diterbitkan di SMS Singgalang menjadi kebanggaan tersendiri. Seperti biasa sekolah mengumumkan melalui pengeras suara agar didengar seluruh warga sekolah setiap kali karya yang berhasil dimuat. Tentu saja menjadi kebanggaan terutama bagi yang nama dan karyanya diumumkan.
Sekolah juga memberikan poin tambahan bagi siswa yang menulis dan tulisannya dimuat dimedia. Bagi siswa yang bersangkutan diraport tengah semester dan akhir semester untuk mata pelaran Bahasa Indonesia akan memperoleh nilai memuaskan.
Suatu saat di hari Rabu, Harian Singgalang tidak kunjung datang sebagaimana waktu sebelumnya. Karena banyak yang bertanya, pihak sekolah kemudian menelepon petugas yang biasa mengantar, akhirnya koran masuk hampir menjelang sore.
Rubrik SMS Singgalang, harus dipertahankan. Jika memungkinkan adakan penambahan halaman. Sebagai ajang kreatifitas penulis mula. SMS Singgalang yang terus dinanti.  Abri Maijon, SMP IT Darul Hikmah
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.