Berita Terbaru :

Jumat, 12 Desember 2014

Pemilu OSIS SMP IT Darul Hikmah Sukses

Suasana Pemilu Akhwat
Simpang Tigo. Sekolah merupakan miniatur negara. Layaknya negara, di sekolah juga mempunyai sistem pemerintahan. Untuk kalangan siswa dikenal dengan Organisasi Intra Sekolah (OSIS).

Siswa SMP IT Darul Hikmah, dibawah pengawasan pembina OSIS telah sukses melaksanakan pemilu OSIS masa bakti 2014/2015 baru – baru ini ( 28/11 ) di komplek SMP IT Darul Hikmah. Pemilu berlangsung dengan aman dan tertib.

Sebagai bentuk pembelajaran berdemokrasi dilingkungan sekolah, pelaksanaan pemilu ini dirancang seperti pemilu sebenarnya. Rangkaian pemilu berlangsung selama 15 hari. Dimulai dari pembentukan Panitia Pemilihan Umum ( PPU ). Setelah itu PPU melanjutkan tugas untuk pendaftaran bakal calon ( balon ) ketua OSIS, verifikasi berkas, masa kampanye, masa tenang, pemilihan umum, pembentukan kabinet, dan pelantikan calon terpilih.

OSIS di Sekolah ini memiliki konsep tersendiri sesuai dengan karakter sekolah. Yaitu adanya pemisahan antara OSIS Ikhwah ( laki – laki ) dengan OSIS Akhwat ( perempuan ). Meskipun seperti itu, kedua OSIS ini tetap berada dibawah naungan bidang kesiswaan.

Ketua terpilih OSIS Ikhwah dikantongi oleh pasangan nomor urut 1 yaitu Luthfi Athoriq Abid – Khairul Hakimi. Sedangkan OSIS akhwat pasangan nomor urut 2 atas nama Anggun Ayu Selvia – Fathiya Ahda Ramadhani.

“Pelaksanaan pemilu ini merupakan bentuk pembelajaran berdemokrasi sedari dini,” ungkap Ustadzah Atna Dewi, SH selaku Pembina OSIS Akhwat sekaligus guru PPKn di sekolah ini.

“Selain itu sebagai tindak lanjut pembelajaran dan pemahaman terhadap materi demokrasi yang sedang diajarkan untuk kelas VIII, siswa disuruh membuat laporan tentang pelaksanaan demokrasi ( pemilu ) dilingkungan sekolah,” lanjutnya.

Suasana penghitungan suara Ikhwah
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi sarana sosialisasi bagi siswa tentang demokrasi. Sehingga nantinya ketika sudah memiliki hak pilih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mampu menumbuhkan kesadaran berdemokrasi dan memiliki kepedulian terhadap sistem pemerintahan.

Selain itu, bagi pengurus OSIS diharapkan menjadi ajang pembentukan karakter terutama tanggungjawab dengan amanah yang diemban. (Atna Dewi)

Dimuat di Harian Singgalang, Rabu 10 Desember 2014
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.