Berita Terbaru :

Rabu, 19 November 2014

Wartawan Singgalang Jadi Juri Lomba Menulis di SMP IT Darul Hikmah


|Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, Ust Kusrin, S.PdI berikan hadiah untuk pemenang lomba Menulis Biografi Guru |

          Tak habis-habisnya kreatifitas yang dibuat SMP IT Darul Hikmah. kali ini sekolah itu menggelar lomba menulis. Menulis biografi guru dalam rangka rangkaian hari pahlawan yang jatuh 10 November silam. Sebuah ajang kompetisi bergengsi di sekolah dengan motto Quality is Our concern. Kegiatan itu mendapat respon luar biasa dari seluruh siswa, ditandai dengan partisipasi aktif siswa setiap angkatan masing-masing kelas.
Tulisan yang dibuat siswa memuat tentang sebuah kisah riwayat hidup seorang guru tertentu di sekolah itu yang dianggap sebagai inspirasi dalam perjalanan hidup mereka. Tulisan dituangkan ke dalam beberapa pragraf berdasarkan kaidah penulisan yang sesuai sebagaimana yang telah ditetapkan panitia seperti, keaslian tulisan, kesesuaian tanda baca, penggunaan EYD, dan kesesuaian fakta.
Terlihat antusias siswa mendatangi para guru sekaligus berdiskusi dan menuliskan sepak terjang, pengalaman dan kisah suksesnya.
Bagi sekolah terpadu itu, di samping keterampilan menulis dan menggeliatkan dunia sastra, siswa dapat mengenal gurunya lebih dekat dan mengambil hikmah dari perjalanan hidup sang guru. Dan siswa diharapkan semakin memperkokoh semangat dan cita-citanya untuk terus melangkah maju mengarungi perjalanan panjang yang penuh tantangan.
Sesuai jumlah siswa, 230 karya berhasil terkumpul di panitia kegiatan, memuat biografi guru SMP IT Darul Hikmah yang ditulis dengan beragam sudut pandang. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP IT Darul Hikmah, Kusrin, S.PdI mengatakan kegiatan itu bertujuan mengaktifkan kemampuan menulis dan mendorong minat baca siswa. Sebab dengan menulis seseorang harus memiliki bahan agar menjadi sebuah karya tulisan. “Generasi muda harus memperkaya wawasan dengan banyak membaca, jika tidak maka akan jadi tertinggal” ungkapnya.
Tulisan yang masuk kepada panitia diseleksi berdasarkan ketentuan yang ditetapkan. Penilaian terkahir karya siswa diajukan ke tim penilai dari unsur dalam sekolah maupun luar sekolah. Diantaranya melibatkan wartawan harian Singgalang wilayah Pasaman Barat, Nepran Yunadi.
Nepran menyampaikan rasa haru dan bangganya atas inisiatif dan kreatifitas guru serta siswa di SMP IT Darul Hikmah. “Ini kegiatan yang langka, dan sangat menarik, mendidik dan merangsang anak untuk gemar menulis adalah kegiatan positif yang mesti dipertahankan dan didukung. Sekolah harus mempertahankan kegiatan ini” ungkapnya saat menyerahkan hasil lomba kepada panitia.     
Nama-nama siswa yang berhasil menyisihkan peserta lain adalah Aisyah Qurrota A’yun (Kelas VII Akhawat 1), sebagai juara I. Latifah Faiza M (Kelas IX Akhwat) sebai jura II, dan Yunda Syahputra (Kelas VIII Ikhwah 2) serta Azmil Fadhil (Kelas VII Ikhwah 1), masing-masing juara III dan IV. Sekolah memberikan Sertifikat dan uang pembinaan kepada masing-masing pemenang.
                                     
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.