Berita Terbaru :

Minggu, 02 November 2014

Seminar Tahfizh Quran di SMP IT Darul Hikmah Sukses

Peserta Seminar sedang menyimak paparan pemateri

Ust. Idris Al-Hafizh menyampaikan materinya      



Dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Islam, Muharram 1436 H, SMP IT Darul Hikmah menyelenggarakan Seminar Sehari Tahfizh Qur’an. Acara yang mengusung tema “Menyongsong Generasi Gemilang Bersama Cahaya Al-Qur’an ini dihadiri oleh guru TPA/MDA, guru-guru PAUD, guru PAI SD, SMP, SMA serta Guru MTs dan MA se-Pasaman Barat.
Kegiatan yang diselangarakan di gedung pertemuan SMP IT Darul Hikmah, Ahad 2 November 2014 itu berjalan sukses. Pasalnya peserta yang hadir sesuai dengan harapan dan target panitia. Ketua Panitia Pelaksana Ustadz Eddy Junaedi menyampaikan ucapan terimakasihnya atas respon yang luar biasa dari lembaga dan peserta yang diundang, termasuk kehadiran pejabat kemenag Pasaman Barat, Syawal Syura, S.Ag.
Dua nara sumber yang diundang memberikan paparan materinya dihadapan peserta tampil dengan sangat memukau. Mereka adalah Ust. Idris Al-Hafiz, Pengelola Markaz Quran Padang Panjang, hfizh Quran 30 Juz. Dan Ust. Abdul Hadi Lc, Alumnus Al-Azhar Kairo Mesir, kini guru tahfizh SMP IT Darul Hikmah.
Beberapa kali peserta terlihat menangis meneteskan air mata saat Ust. Idris Al-Hafizh menyampaikan kisah-kisah menarik tentang penghafal Quran, termasuk mengulas tentang keutamaan anak yang hafizh Quran. “Nanti Allah hadiahkan kepada orang tua yang anaknya hafal Quran sebuah mahkota di dalam syurga” ungkapnya sambil mengutip sebuah hadits nabi. Ust. Idris juga menampilkan video anak usia 5 tahun yang hafal Quran 29 juz disebuah program Hafizh Indonesia yang disiarkan distasiun TV swasta di ramadhan lalu, peserta seminarpun kembali menangis haru menyaksikan anak kecil yang luar biasa itu.
Pemateri yang juga aktif membina program tahfizh di SMA 1 Padang Panjang dan SMA 1 Sumbar itu juga menyampaikan, tidak ada kaitannya anak yang sibuk dengan hafalan Quran dengan penurunan prestasi belajar. Justru ungkapnya, siswa siswa yang hafalan Qurannya lebih banyak prestasinya juga ikut bagus. Ia membuktikan telah banyak binaannya semenjak SMA, kini sudah mengenyam pendidikan yang luar biasa, kini berkesempatan kuliah di Belanda, Jerman, Jepang di jurusan pada universitas favorit  seperti kedokteran UI, Kedokteran UNAND, dll. “Ini berkah Al-Quran” tambahnya.
Ust. Abdul Hadir bertindak sebagai pembicara sesi ke dua memberikan motivasi kepada para peserta yang hadir bahwa selama berada di Mesir pelajaran yang paling berharga adalah siswa SD sudah hapal 30 juz Qur’an. Siswa kelas 1 diwajibkan hapal 5 juz agar bisa naik kelas sehingga di kelas 6 SD mereka bisa menghapal 30 juz Alquran. Pembelajaran tahfizh quran di Mesir, ungkapnya hadir dengan semangat dan disiplin yang tinggi serta keinginan kuat. Di akhir pembicaraan, ustadz Hadi berpesan kepada para peserta seminar, Jadilah pelaku sejarah, jangan hanya jadi pengetahu sejarah.

By: Delfitriana, S.Pd (Guru SMP IT Darul Hikmah)




 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.