Berita Terbaru :

Senin, 10 November 2014

Peringati Hari Pahlawan; SMP IT Darul Hikmah Gelar Lomba Menulis Biografi Guru




Sepuluh November oleh bagi sebagian orang barangkali terasa sebagai hari biasa saja tanpa makna dan ruh. Namun, jika kita mengenang dan merenungi kembali peristiwa bersejarah itu, sungguh akan menggugah rasa haru serta membangkitkan semangat, begitu dahsyatnya perjuangan para pahlawan membela tanah air. Mereka mempertaruhkan nyawa, harta dan raga. Hari ini kita dapat menghirup udara segar sebagai buah dari perjuangan mereka. Kita patut mensyukuri dengan rasa syukur yang paling mendalam sembari turut mendokan para pahlawan dengan jasa mulianya itu.
Oleh sebab itu selayaknya generasi penerus  dan anak bangsa untuk mengingat dan mengenang jasa para pejuang yang membebaskan negeri ini dari cengkraman penjajah. Hasil pengorbanan mereka harus disambut dengan berbagai kegiatan positif kdan esungguhan sebagai mana cita-cita mereka para pahlawan.
Dalam rangka memaknai hari pahlawan, SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat melalui bidang kesiswaan menyelenggarakan kegiatan lomba menulis biografi guru di sekolah itu, dilaksanakan 9 – 10 November 2014. Kegiatan yang mengangkatkan tema ‘Pahlawan Disekitarku’ itu mendapat sambutan menarik oleh seluruh siswa. Terlihat antusias mengambil kesempatan untuk mewawancarai guru tertentu yang dianggap menjadi inspirasi dalam hidup mereka. Sebagai mana arahan panitia lomba, untuk biografi guru, siswa diberi kesempatan berdiskusi kepada sang guru. Karena 85 persen guru sudah berdomisi di dalam komplek sekolah. Dan berinteraksi  siang dan malam, dimunkinkan bagi seluruh siswa untuk berdiskusi lebih jauh.
Di samping keterampilan menulis dan menggeliatkan dunia sastra, siswa dapat mengenal gurunya lebih dekat dan mengambil hikmah dari perjalanan hidup sang guru. Tulisan siswa akan diseleksi dan disediakan hadiah menarik oleh sekolah bagi siswa yang berhasil keluar dengan karya terbaiknya.
Selain menulis biografi guru, sekolah boarding school itu juga menggelar lomba menulis puisi dan artikel bertema pahlawan. Lomba ini terbuka bagi seluruh siswa. Pemenang akan diumumkan tanggal 11 November.
Kepala SMP IT Darul Hikmah, Abri Maijon menyambut baik program kesiswaan yang mengakrabkan siswanya dengan tulis menulis. Sebab, untuk menulis siswa harus rajin membaca dan menelaah. Tanpa membaca tidak munkin mampu menulis. Kegiatan itu sekligus dapat membangkitkan daya kritis terhadap berbagai kondisi. Karena generasi muda saat ini tidak banyak yang berminat menulis, waktu mereka banyak tersita dengan kegiatan yang tidak banyak mendatangkan manfaat, seperti dunia game, jejaring sosial, dan lainnya.
Selamat hari pahlawan, mari kita teruskan estafet para pejuang kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan-pahlawannya!

Penulis: Kusrin, S.PdI (Wakil Kesiswaan SMP IT Darul Hikmah)
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.