Berita Terbaru :

Rabu, 01 Oktober 2014

Disiplin, Kunci Keberhasilan SMP IT Darul Hikmah





SMP IT Darul Hikmah memenuhi undangan kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Dinas Pendidikan Kab. Pasaman Barat 23 – 24 September silam. Kegiatan bertempat di Balerong Pemda Pasaman Barat. Kepala SMP IT Darul Hikmah, Abri Maijon, S.Pd ketika ditanya Singgalang mengungkapkan menyambut baik kegiatan yang dimotori dinas Pendidikan Pasaman Barat yang menghadirkan kepala sekolah mulai dari kepala PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.
Menurutnya, upaya yang sudah dilakukan Dinas Pendidikan merupakan langkah tepat, dengan menghadirkan seluruh kepala sekolah dalam satu kegiatan bersama, diyakini dapat membangkitkan semangat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten itu.
“kita patut memberikan apresiasi dan dukungan karena kegiatan bersama seperti (rakernis) ini jarang ditemukan, kepala sekolah mesti menangkap pesan kegiatan ini sebagai momen evaluasi dan berbenah agar ke depan mutu pendidikan di daerah ini semakin baik” ungkapnya.
Apa yang disampaikan pria yang pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa di masanya cukup beralasan,  sebab di hari terakhir pelaksanaan Rakernis seluruh peserta diminta membuat program dan rencana kerja berbasis keunggulan berdasarkan ciri khas serta budaya di sekolah masing-masing. Rumusan yang dirancang masing-masing sekolah menjadi program kerja dinas pendidikan dan sekolah menjadi ujung tombak pelaksananya. Masing-masing kepala sekolah mesti menjalankan dan bertanggungjawab dengan rancangan yang sudah dibuat.
Dalam kesempatan itu SMP IT Darul Hikmah menitik beratkan program kegiatan sesuai dengan ciri khas dan budaya sekolah, diantaranya yang perlu menjadi perhatian  utama adalah disiplin guru. Menurut Abri,  guru menjadi kunci keberhasilan sekolah, keteladanan guru harus menjadi yang utama. “Bagaimana anak bisa disiplin jika gurunya tidak mau disiplin, aturan sekolah bisa tegak jika gurunya sudah memulai dan memberikan contoh” ungkapnya.
Tentang keteladanan guru, SMP IT Darul Hikmah melakukan peryaratan khusus dalam rekruting tenaga pendidik maupun pegawai di sekolah itu, diantaranya figur yang tidak merokok hingga tidak pacaran, di samping aspek yang umum lainnya.
“Persyaratan rekruting guru dan pegawai ini adalah langkah awal memulai keteladanan dihadapan siswa” tambah Abri.
Sekolah dengan motto Quality is Our Concern itu juga memfokuskan kegiatan pengembangan tahfizh (hafalan) quran yang menjadi program unggulan sekolah sejak berdiri. Sekolah ini mentargetkan hafalan quran siswanya 1 juz per tahun. Bagi siswa yang hafalan qurannya memperoleh nilai bagus akan dikirim kejajang perlombaan dan MTQ diberbagai kesempatan. Selain tahfizh, program unggulan non akademik yang diajukan dalam Rakernis adalah bidang kaligrafi yang juga menjadi ciri khas sekolah itu.
Program akdedemik yang diunggulkan adalah mempertahankan Juara UN seperti dua tahun sebelumnya sekolah ini meraih UN terbaik. Selain itu cabang Matematikan dan Biologi juga menjadi prioritas untuk masuk nominasi juara berbagai ajang bergengsi. 

Sumber: Koran Singgalang, 30 September 2014


 

 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.