Berita Terbaru :

Minggu, 24 Agustus 2014

Karena Sinyal, SMP IT Darul Hikmah Dipilih

Rahmat Illahi, S.Ds
Operator Sekolah, Tenaga Administrasi
dan Guru Prakarya SMP IT Darul Hikmah

"Karena sinyal, makanya SMP IT dipilih untuk pelaksanaan Sosialisasi ini"

Sedikit gurauan dilontarkan oleh Kasi Data dan Statistik Dinas Pendidikan Pasaman Barat saat acara pembukaan sosialisasi Aplikasi DAPODIKDAS di SMP IT Darul Hikmah pada Hari Sabtu tanggal 23 Agustus 2014. Entah apa maksudnya, apa karena SMP IT Darul Hikmah tersedia Hotspot, yang jelas gurauan itu mencairkan suasana pembukaan acara ini.

Apa itu DAPODIKDAS?

Data Pokok Pendidikan Dasar atau yang biasa disingkat DAPODIKDAS, merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempermudah mendata Sekolah, Pendidik dan Tenaga kependidikan (PTK) serta siswa di seluruh Indonesia. Aplikasi ini digunakan menggunakan komputer yang dipadukan dengan jaringan internet. Penerapan aplikasi DAPODIKDAS ini selain untuk pendataan juga mempermudah para PTK dalam mengurus segala hal yang berhubungan dengan tunjangan guru, sertifikasi dan berbagai keperluan lainnya.

Untuk menunjang pengelolaan data tersebut diperlukan SDM yang bisa fokus menyelesaikan tahapannya. Maka untuk itu setiap tingkat instansi harus mengangkat Tenaga Operator. Mulai dari tingkat sekolah, Kecamatan, tingkat Kabupaten/Kota oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, hingga tingkat pusat. Sehingga diharapkan masing-masing tingkat bisa saling bekerjasama dengan baik untuk kelancaran entri data.

Dalam rangka meningkatkan mutu serta penyeragaman berbagai informasi bagi para Operator Sekolah, pihak Dinas Pendidikan senantiasa melakukan pelatihan dan sosialisasi secara berkelanjutan. Hal ini disebabkan operator sekolah harus bisa memahami segala tahapan dan hal-hal penting dan informasi-informasi terbaru terkait dengan aplikasi Dapodikdas.

Acara sosialisasi DAPODIKDAS ini diikuti digawangi langsung oleh Kepala SMP IT Darul Hikmah, Ust. Abri Maijon, S. Pd. Dan dibuka oleh Kasi Data dan Statistik Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat, Bpk. Darman, S. Pd. Dan dihadiri oleh Operator dan Kepala SD dan SMP se-Kecamatan Luhak Nan Duo dan Kecamatan Sasak Ranah Pasisia. Menurut Bpk. Darman, S. Pd, acara ini sangat penting disebabkan adanya beberapa perubahan kebijakan pada aplikasi terbaru. Selain harus dipahami oleh operator sekolah, juga perlu disosialisasikan kepada guru yang mengajar di sekolah masing-masing. Sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengimput data yang akan merugikan PTK, dalam hal ini guru.

Ada sedikit penggembira bagi para operator sekolah yang disampaikan pada acara tersebut, bahwa setiap operator diberi anggaran yang boleh diambil dari dana BOS. Dana itu diperuntukkan dalam membayar jasa operator, konsumsi dan transpor untuk keperluan pendatan PTK dan peserta didik di aplikasi DAPODIKDAS serta input data di situs Padamu Negeri. Selain itu, pihak dinas Pendidikan Pasaman Barat juga merencanakan untuk memberi Award kepada Operator Sekolah yang dinilai baik dalam menjalankan tugasnya.

Guyuran hujan mengiringi penutupan kegiatan sosialisasi yang dilakukan pada pukul 15.30 WIB. Banyak manfaat dan ilmu yang didapat selama kegiata sosialisasi ini terutama bagi operator sekolah. Sehingga dapat meminimalisir kekeliruan dalam mengimput data guru di Aplikasi DAPODIKDAS tersebut. Namun terbersit juga harapan dari beberapa peserta agar dapat diikutkan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi ini untuk tingkat provinsi maupun nasional agar dapat mendalami seluk beluk aplikasi ini. Sehingga bisa menciptakan tenaga Operator yang lebih Profesional. :) #rhl

 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.