Berita Terbaru :

Kamis, 16 Januari 2014

Minggu Pagi di Pembibitan Ikan Bung Hatta



Minggu adalah hari yang ditunggu banyak orang untuk berlibur.  Hari itu juga akhir pekan yang menyenangkan yang biasa digunakan untuk agenda santai dan berkumpul serta bermain bersama seluruh anggota keluarga.  
            Demikian halnya dengan SMP IT Darul Hikmah, akhir pekan kali ini dipakai untuk agenda yang amat bermanfaat.  Minggu, 12 Januari 2014 silam dilaksanakan jalan santai sekaligus kunjungan edukatif ke sebuah lokasi pembibitan ikan milik Fakultas Perikanan Universitas Bung Hatta Padang, di Padang Halaban Nagari Kapa, Kec. Luhak Nan Duo Pasaman Barat.
            Agenda ini diikuti seluruh siswa putra SMP IT Darul Hikmah kelas VII – IX, didampingi para guru pembimbing. Rombongan berangkat dari SMP IT Darul Hikmah usai menunaikan sholat subuh berjamaah dan program tahfizh Qur’an. Tepat pukul 06.00 WIB peserta terlihat telah berkumpul di lapangan sekolah lengkap dengan seragam olah raga rapi. Karena seluruh siswa dan pembimbing berdomisili di asrama, rombongan lebih mudah dikoordinir dan berangkat tepat waktu. Terlihat peserta cukup antusias dan semangat menyusuri perjalanan sepanjang 3000 meter dari lokasi sekolah hingga mencapai lokasi.
Rombongan yang di pimpin Ust. Agus Hendra disambut hangat oleh Yuliandri, SE, pegawai Universitas Bung Hatta yang ditugaskan khusus oleh pihak kampus menjaga dan merawat tempat balai pembibitan. Tempat itu cukup menakjubkan, karena seluas 2 hektar terhampar petak kolam yang diisi berbagai jenis ikan air tawar. Mulai lele hingga ikan hias. Seluruh siswa berkesempatan menyambangi setiap kolam yang tersebar di area itu. Turut serta dalam rombongan, Kepala SMP IT Darul Hikmah, Abri Maijon, S.Pd dan pembina Asrama Ust. Salman, S.PdI, dan Ust. Hengki Fikra.
Usai menikmati perjalanan mengelilingi hampir seluruh petak kolam, rombongan duduk disebuah pondok lengkap dengan bangku serta meja yang sepertinya sengaja disediakan untuk tempat pelayanan masyarakat atau stand diskusi serta riset mahasiswa Bung Hatta. Di tempat itu rombongan telah ditunggu Bapak Yuliandri dan siap memberikan penjelasan kepada siswa perihal keberadaan kolam dan pembibitan ikan, sesuai dengan yang diminta sekolah.
Pertemuan itu berlangsung menarik dan cair, diberikan kesempatan bertanya untuk siswa dan pembimbing. Pak Yul, mengisahkan sejarah kolam dibangun tahun 1985 yang awalnya milik pengusaha berkebangsaan Jerman. Pada saat yang sama telah dimulai program pembibitan yang semua benih (ikannya) adalah bibit unggul. Bibit ikan kala itu dibagikan kepada masyarakat secara gratis, bagi siapa saja yang datang menjadi petani ikan. Kala itu juga program perkebunan plasma sawit yang berada di daerah Jambak dan sekitarnya, juga digulirkan oleh pengusaha yang sama.   
Pihak Universitas Bung Hatta kemudian membeli lokasi pembibitan. Namun kini bagi masyarakat yang membutuhkan bibit ikan, harus merogoh kecek mengeluarkan sedikit biaya sebagai pengganti operasional dan perawatan sesuai jumlah bibit ikan yang dibutuhkan. Pak Yul melanjutkan satu ekor ikan produktif sejenis ikan Nila dapat menghasilkan 15.000 buah telur. Tingkat keberhasilan menetas menjadi anak ikan mancapai 40%  dari jumlah telur. Pria berbadan subur ini menghimbau, untuk konsumsi harian, masyarakat mestinya tidak perlu membeli ikan, cukup sediakan kolam di belakang rumah yang siap diisi ikan. Kapan butuh ikannya dapat diambil. “mengkonsumsi ikan membuat otak menjadi pintar, apa lagi di masa pertumbuhan seusia pelajar seperti anda” lanjutnya.
Setelah lama berdiskusi, rombongan terlihat puas, pihak sekolah menyampaikan ucapan terima kasih. Rombonganpun kembali menuju sekolah*
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.