Berita Terbaru :

Rabu, 16 Oktober 2013

SMP IT Darul Hikmah Ikuti Workshop Kurikulum 2013 di Bogor


     (Foto: Bersama tim penyelenggara SMP BP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

SBP (Sekolah Berbasis Pesantren) memiliki program yang dikembangkan melalui kerjasama Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen PSMP), dengan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama, serta CERDEV UIN Syarif Hidayatullah. Salah satu program terbarunya adalah sosialisasi kurikulum 2013.
Program ini dilakukan dalam tiga angkatan. Angkatan pertama diselenggarakan  di Surabaya dengan peserta anggota SBP wilayah IndonesiaTimur, angkatan kedua di Yogyakarta dengan peserta anggota SBP wilayah Indonesia Tengah, dan angkatan ketiga diselenggarakan di Bogor dengan peserta SBP wilayah Indonesia Barat yang berjumlah 64 sekolah dengan jumlah peserta keseluruhan 256 orang dengan komposisi satu orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum, satu orang utusan dari rumpun MTK/IPA, satu orang utusan dari mapel Bahasa, dan satu orang utusan dari mapel IPS.
SMP IT Darul Hikmah merupakan salah satu sekolah yang diundang untuk menghadiri workshop kurikulum 2013 bertempat di hotel Poencer Bogor, 3 – 6 Oktober 2013 silam. Adapun perwakilan dari SMP IT adalah  ustadzah Suci Ramadhani, S.S selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum,  ustad Bagu Styo wiyono, S.Si, bidang MIPA, ustdzah Nadiyah Syarifa, S.Pd, dari rumpun Bahasa, dan ustadzah Delfi, S.IP perwakilan rumpun IPS.
Menurut Suci Ramadhani, dengan megikuti workshop kurikulum 2013, SMP IT Darul Hikmah akan semakin matang menghadapi kurikulum 2013 yang rencananya diberlakukan mulai tahun ajaran 2014/2015. Melalui bimbingan teknis utusan SMP IT Darul Hikmah telah memperoleh penjelasan yang detail tentang kurikulum 2013. Keempat utusan ini kedepannya bertugas untuk mensosialisasikan informasi yang telah didapat  kepada seluruh tenaga pendidik yang ada di SMP IT Darul Hikmah.
Kurikulum 2013 menekankan pada aspek sikap di samping aspek pengetahuan, dan keterampilan pada siswa. Hal ini tentunya bersinergi dengan visi dan misi SMP IT Darul Hikmah yang menjadikan siswanya memiliki akhlak terpuji sebagai sasaran utama dalam pendidikan. Sebagaimana yang disampaikan Abdul Nasir selaku perwakilan Dirjen PSMP bahwa kondisi moral anak bangsa saat sekarang ini sangat memperhatinkan, mulai dari Pergaulan Bebas, narkoba, tawuran antar pelajar, tawuran antar mahasiswa, hingga tawuran antar kampung.
Tentu saja menjadi tugas bersama untuk memperbaiki kondisi yang nyata di hadapan mata. Apalagi sekolah berbasis pesantren, sebab sekolah ini yang menawarkan pendidikan yang tidak hanya mengedepankan intelektual saja tetapi juga mengedepankan aspek sikap yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang cerdas secara intelektual dan sekaligus spiritual.
Melalui workshop bimbingan teknis ini, diharapkan SMP SBP siap melaksanakan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2014/2015. (Nadya)
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.