Berita Terbaru :

Sabtu, 27 Juli 2013

Ciptakan Generasi “Spora”



MOS SMP IT Darul Hikmah 2013
Ciptakan Generasi “Spora”

Masa orientasi Siswa (MOS) dirasa penting untuk dilaksanakan oleh setiap sekolah dalam rangka menyambut siswa baru. Ini dimaksudkan agar siswa mampu mengenal sekolahnya sebelum proses belajar mengajar dilangsungkan.

Terlebih bagi siswa SMP IT Darul Hikmah, sekolah berbasis pesantren dengan siswanya yang diasramakan. Maka banyak hal yang harus diketahui. Misalnya pengenalan tentang sekolah dan pondok pesantren, antara kesamaan dan perbedaannya. Peraturan-peraturan sekolah dan pondok pesantren yang harus diketahui oleh siswa baru. Ini merupakan bagian adaptasi siswa baru terhadap sekolah.

MOS 2013 secara khusus mengusung tema membentuk generasi “SPORA: Sportif dan Bergembira”. Dijelaskan oleh Supadilah, ketua panitia bahwa dua kondisi ini penting untuk dimiliki oleh siswa baru. “Generasi sportif mutlak diperlukan untuk mewujudkan siswa dan sekolah yang berprestasi. Di dalam sportif ini terkandung jiwa berani dan percaya diri” katanya. 

Sementara, ditengah keterbatasan sekolah, harus dihadapi dengan kondisi jiwa yang bergembira. “Dengan bergembira, segala keterbatasan dan kesusahan akan menjadi ringan bahkan hilang”imbuhnya.

MOS berlangsung dengan tertib dan menyenangkan. Tidak ada atribut aneh-aneh dan acara perploncoan. Atribut hanya papan nama agar memudahkan dalam saling mengenal antara guru dan siswa. MOS berlangsung selama 3 hari dimulai dari hari Kamis-Sabtu, 25-27 juli 2013 diikuti oleh sebanyak 99 siswa terdiri dari 62 orang putra (ikhwan) dan 37 putri (akhwat). Bertempat di mushala ikhwan dan mushala akhwat.

Materi dalam MOS ini diantaranya adalah pengenalan SMP IT Darul Hikmah oleh Ustadz Abri Maijon selaku kepala sekolah SMP IT Darul Hikmah, Pengenalan Pondok Pesantren Darul Hikmah oleh ustadz Eddy Junaedi selaku pimpinan pesantren Darul Hikmah, Pengenalan pembinaan asrama oleh ustadz Agus Hendra selaku kepala pengasuhan pesantren, dan pengenalan kesiswaan oleh ustadz Supadilah selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Meski berada dalam kondisi berpuasa, tidak menghalangi peserta MOS untuk aktif dan serius mengikuti MOS. Peserta mengikuti jalannya MOS dengan antusias sebab kepiawaian pemateri dalam menyampaikan. Permainan atau game diikuti peserta dengan ceria, penuh tawa dan bergembira. Ini membuat siswa semakin bersemangat.

Ustadz Eddy Junaedi menekankan bahwa dalam MOS ini tidak ada perploncoan yang bisa merendahkan nilai diri manusia. “Inilah bedanya kita dengan MOS yang biasanya memperlakukan siswa baru dengan yang tidak baik. Itu harus kita hindari” terangnya.

Acara ditutup pada hari Sabtu yang juga diisi dengan perkenalan jajaran yayasan Darul Hikmah, Pembina, dan guru SMP IT Darul Hikmah. Sesi ini penuh dengan keceriaan sebab banyaknya lelucon yang dilontarkan moderator oleh ustadz Eddy Junaedi, ustadz Kusrin, dan ustadz Supadilah. Diakhir acara, diadakan pembagian hadiah untuk pemenang lomba dan pemilihan peserta terbaik MOS. Terpilih sebagai peserta terbaik ikhwan adalah Lutvi At Thoriq Abid dan terbaik akhwat Devi Al Fani. Keduanya mendapatkan uang tunai masing-masing Rp. 50.000. kedepannya, mereka harus bertanggungjawab tetap menjadi terbaik dan teladan bagi teman-temannya.


Supadilah Wakasis SMP IT Darul Hikmah


 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.