Berita Terbaru :

Senin, 22 Juli 2013

Bagi Takjil Gratis

Di bulan ramadhan pahala amal akan dilipatgandakan. Kita dianjurkan memperbanyak amalan di dalamnya, baik amalan umum yang juga dilakukan di bulan lain maupun amalan khusus di bulan ramadhan. Salah satu amalan khusus saat bulan puasa adalah memberi takjil (pabukoan) kepada orang yang berpuasa.

SMP IT Darul Hikmah pada Senin (22/7) menggelar bagi takjil (pabukoan) kepada masyarakat sekitar sekolah yang beralamat di Simpang Tiga, Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Agenda ini dilaksanakan oleh OSIS SMP IT Darul Hikmah.

Sedikitnya delapan puluh paket takjil (pabukoan) yang dibagikan kepada masyarakat sekitar. Isi tiap paket takjil adalah kolak, gorengan, dan makanan ringan lainnya serta air minum. Paket takjil itu didapat dari dana sekolah, infak siswa, infak guru dan donatur yang juga menyumbang untuk acara ini. Paket takjil disiapkan oleh kantin SMP IT Darul Hikmah.

Sebanyak enam belas orang siswa dari pengurus OSIS SMP IT Darul Hikmah dengan seragam batik sekolah mulai membagikan takjil pada pukul 18.00 dengan membawa kardus-kardus berisi paket takjil. Suasana yang ramai membuat banyak orang bertanya-tanya dengan apa yang mereka lakukan. Tak jarang diantara pengguna jalan yang keheranan. 

Apo lo ko diak?” tanya seorang bapak di dekat deretan siswa yang sedang menenteng paket takjil.
Para siswa mengantar paket takjil langsung ke rumah-rumah penduduk. Rute pembagian takjil ini adalah dari rumah di depan gerbang sekolah hingga ke pasar simpang Tiga. Masyarakat pun menerima paket takjil itu dengan senang hati. Malah tak jarang diantara mereka yang memberikan doanya untuk siswa dan sekolah.

“Semoga semakin rajin belajarnya, dan sekolahnya semakin baik” demikian do’a salah seorang ibu-ibu yang ditemui siswa. Ucapan terima kasih tak henti-hentinya untuk mereka. 

Satu rumah mendapat satu atau dua paket takjil. Selain diberikan ke rumah-rumah, paket takjil itu juga dibagikan kepada para pengguna jalan yang ditemui.

Pembagian takjil (pabukoan) ini adalah dalam rangka melaksanakan sunnah rasulullah SAW, dimana beliau SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi). Semoga yang dilakukan oleh SMP IT Darul Hikmah dan sumbangan oleh donatur takjil mendapat balasan dari Allah SWT, lebih-lebih pada bulan ramadhan dimana pahala dilipatgandakan.




 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.