Berita Terbaru :

Minggu, 05 Mei 2013

SMP IT Darul Hikmah Seperti Laskar Pelangi

Sudah hampir lima tahun usia SMP IT Darul Hikmah. Satu-satunya sekolah islam terpadu di Pasaman Barat ini memang sudah banyak kemajuannya dibandingkan dahulu. Mulai dari bangunan atau ruang kelas dan tanah yang kini sudah milik sendiri, jumlah ruang kelas yang sudah cukup banyak, guru yang semakin lengkap, fasilitas yang memadai dan jumlah murid yang selalu bertambah setiap tahunnya.
Prestasinya pun semakin menanjak sejumlah piala dan sertifikat penghargaan berbagai ajang dan lomba didapatkan sekolah melalui siswanya. Baik dalam bidang akademis atau non-akademis. Nama sekolah semakin diperhitungkan. Terakhir, prestasi pra-UN tertinggi di kabupaten Pasaman Barat menjadikan SMP IT Darul Hikmah sebagai perbincangan.
Tapi satu hal yang masih menjadi beban pikiran civitas akademika SMP IT Darul Hikmah yaitu pelaksanaan ujian yang masih menumpang dengan sekolah lain. Status swasta dan belum terakreditasi, menjadi penyebabnya. Jadi selama ini UAS dan UN siswa SMP IT Darul Hikmah harus bersabar untuk melaksanakannya di sekolah tetangga.
Untuk tahun ini masih mendingan, pelaksanaan UAS sudah bisa dilakukan di sekolah sendiri. Ini berkat sikap kooperatif yang ditunjukkan oleh kepala SMP N 1 Luhak Nan Duo, Pak Mastudiar.
Dan pagi ini Senin (22/4), kembali siswa SMP IT Darul Hikmah harus mengungsi ke sekolah induk untuk pelaksanaan UN. Ditambah belum adanya kendaraan sekolah. beruntung ada dermawan yang meminjamkan kendaraannya untuk transportasi siswa. Sebanyak 21 orang siswa yang ikut UN. Prosesi keberangkatannya dibagi dua kelompok ikhwan dan akhwat. Mobil itu harus dua kali pergi pulang.
Saat berjalan kaki dari sekolah pada saat keberangkatan itulah seketika terbayang bahwa kami bernasib mirip dengan Laskar Pelangi. Meski ada juga perbedaannya. Di novel Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata, untuk pelaksanaan ujian, siswa SD Muhammadiyah harus menumpang ke SD PN Timah. Sama-sama menumpang. Itulah kesamaan antara Laskar Pelangi dengan sekolah ini.
Bedanya, jika Laskar Pelangi harus jalan kaki, kami pakai mobil. Siswa mereka banyak yang tidak pakai alas kaki, Alhamdulillah kami semua pakai alas kaki serta seragam lengkap. Dalam beberapa hal kami bernasib lebih baik daripada mereka. Laskar Pelangi abad modern, saya menyebutnya.
Akan tetapi, dua semangat yang kami teladani dari mereka tentang optimisme dan prestasi. Laskar Pelangi berani bermimpi. Kami pun demikian. Ditengah keterbatasan sarana dan fasilitas tak menghalangi kami untuk berani bermimpi mengejar prestasi. Meski sekolah kami swasta, urusan prestasi tak mau kalah dengan sekolah negeri. Justru menjadikan cambuk bagi kami untuk terus memacu diri agar bisa berprestasi. Berprestasi ditengah kemelimpahan fasilitas dan sarana, itu sudah biasa. Tapi berprestasi di tengah keterbatasan, adalah hal yang luar biasa.
Tak lupa kami berharap adanya dermawan jika sekiranya mau menyumbang baik ide, pikiran, atau saran dan materi demi kemajuan sekolah kami. Bantuan dapat diberikan ke SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat Jalan Simpang Tiga Nagari Saiyo Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat kontak HP 0813 7419 6152 (Ustadz Abri Maijon/kepala sekolah).
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.