Berita Terbaru :

Minggu, 05 Mei 2013

SMP IT Darul Hikmah From Zero to Hero

SMP IT Darul Hikmah berdiri tanggal 14 Juni 2008. Berdiri dengan penuh perjuangan dan rasa optimeme yang kuat dari sekumpulan orang  tergabung dalam sebuah lembaga yayasan. Yayasan itu diberi namaDarul Hikmah yang kemudian mendirikan lembaga pendidikan SMP dengan langsung melekatkan Darul Hikmah. SMP IT Darul Hikmah setelah mengantongi izin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat.
Awal berdiri sekolah ini belum memiliki fasilitas apapun.Hanya mengandalkan gedung disebuah lembaga pendidikan yang berstatus sewa.Gedung itu adalah kampus perguruan tinggi swasta.Yakni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) YAPTIP berlokasi di Simpang Empat kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.  Dua ruangan sederhana yang berstatus pinjaman ke SMP IT Darul Hikmah digunakan satu lokal untuk ruangan belajar dan satu lokal untuk kantor majelis guru sekaligus kepala sekolah. Hampir satu tahun sekolah ini menghadapi suka dan duka di bawah hunian yang berstatus sewa.Walau dengan penuh kesederhanaan sekolah ini tetap melaju dengan tenaga pengajar yang cukup dan SDM handal, 98% tenaga pendidiknya sudah S1.Struktur sekolah terbentuk mulai dari kepala sekolah hingga wakil kurikulum dan wakil kesiswaan hingga guru.Sistim  terpadu yang diterapkan sekolah ini semenjak awal ditandai siswanya dengan diasramakan dan dibina 24 jam  di lingkungan sekolah/pesantren. Jumlah siswa angkatan pertama adalah 15 orang, hingga kelas IX dan menjadi peserta UN angkatan pertama hanya 9 orang.Barangkali dianggap kurang meyakinkan saat itu sebagian orang tuasiswa menarik anaknya dari SMP IT darul Hikmah.
Sistim pendidikanpun mulai ditata rapi, bersamaan dengan itu SMP IT Darul Hikmah mendapat tawaran untuk masuk dalam program nasional Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) atau SMP-BPdari dirjen Pendidikan Dasar Kemdiknas dan Subdit Pondok Pesantren dan Diniyah  Kementerian Agama RI. Program ini buah kerjasama antara kementerian Pendidikan Nasional (sekarang Kemendikbud-red) dengan Kemeterian Agama.Tanggal 8 September 2008 sekolah ini resmi bergabung hingga sekarang.Sekolah yang bergabung diberikan bantuan berkelanjutan, baik bantuan pembinaan kepala sekolah hingga guru mata pelajaran maupun bantuan pembiayaan sesuai program peningkatan mutu.Tim SBP dari pusat juga datang mengunjungi SMP IT Darul Hikmah sekaligus melakukan pendataan dan penelitian tentang kelayakan sekolah ini untuk bergabung dalam sekolah SMP BP.
Karena berstatus pinjaman sementara lokal belajar di gedung YAPTIP, pengurus yayasan terus bergerilya mencari peluang hibah maupun wakaf untuk lokasi permanen bangunan sekolah. Alhamdulullih, dengan izin Allah SWT, pengurus yayasan tiba-tiba dipertemukan dengan  seorang dermawan yang jasanya luar biasa. Sosok dermawan ini juga punya cita-cita yang sama dengan pengurus yayasan, mendambakan dilingkungannya berdiri sebuah sekolah berbasis pembinaan akhlak. Beliau adalah HR. Siswoyo, yang kemudian mewakafkan tanahnya 18.000m2untuk lokasi berdirinya lembaga pendidikan sekolah.
Seiring dengan perjalanan waktu setelah serah terima wakaf selesai, pengurus yayasan mengajukan permohonan bantuan pembangunan gedung sekolah.Alhmdulillah bantuan pertama untuk pembangunan gedung sekolah terwujud. Bulan Desember  2008, bantuan senilai Rp. 180.000.000,- untuk alokasi pembangunan lokal belajar terdiri dari 2 ruang dan 1 ruang kecil untuk kantor sekolah. Pembangunanan pun selesai, ruang yang ada digunakan satu untuk lokal belar dan satu ruang untuk fasilitas asrama putra. Tahun ajaran baru 2009/2010  pun datang, dan agenda besarnya adalah penerimaan siswa baru. Jumlah pendaftarangkatan kedua adalah 28 orang dan diterima 25 orang. Tentu saja fasilitas gedung yang tersedia tidak memadai,karena 1 ruang telah terpakai untuk asrama putra. Sedangkan asrama putri berkat kemudahan yang diberikan Bapak HR. Siswoyo, beliau bersedia meminjamkan 1 rumah dengan status pinjaman (bukan sewa).
Pengurus yayasan dan pimpinan sekolah kewalahan mencari tempat belajar untuk siswa baru. Akhirnya disepakati ruang belajar menggunakan teras mushalla masyarakat, yang sebagaian ruang dibatas menggunakan papan triplek.Kondisi teras mushalla sesungguhnya tidak layak digunakan untuk lokal belajar, di samping masih lantai kasar (berkerikil), pengap dan sangat tidak efektif karena susunan bangku belajar anak yang memanjang ke belakang.
Tanpa kenal lelah pengurus yayasan pun bergerak, mengajukan tambahan pembangunan gedung sekolah, serta fasilitas lain. Salah satu proposal ditujukankepada anggota DPR RI daerah pemilahan Sumatera Barat, Prof Dr Irwan Prayitno, Psi, M.Sc,(sekarang gubernur Sumbar-red) yang saat itu duduk di komisi X membidangi pendidikan. Pengajuan permohoanan ternyata dengan izin Allah, mendapat respon di lauar dugaan para pengurus maupun pimpinan sekolah. Diinformasikan SMP IT Darul Hikmah akan dibantu Unit Sekolah Baru (USB). Dengan syarat pembangunan status tanah sudah milik sendiri (yayasan).setelah melewati proses panjang termasuk MoU dengan Kemendiknas, akhirnya dana bantuan pebangunan USB cair di bulan Maret 2009. Jumlah bantuan yang dikabulkan Rp. 1,2 Milyar. Bantuan pembangunan USB diantaranya Ruang Kelas Baru (RKB) 3 lokal, 1 unit kantor kepala sekolah, 1 unit kantor majelis guru, 1 unit gudang penyimpanan, 5 unit MCK guru, 2 unit Kamar mandi siswadan ruang ganti, 1 unit mushalla, dan 1 unit ruang kantin. Alhamdulillah gedung ini dapat digunakan tanggal 12 Agustus 2010, setelah diresmikan penggunaannya oleh  Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, P.Si, M.Sc.
Proses pembelajaran mulai kondusif di gedung dan ruang baru. Pembenahan terus dilakukan hingga memasuki tahun ajaran baru, siswa angkatan ke tiga di terima dengan jumlah pendaftar mencapai 70 orang dan hanya bisa diterima melalui hasil penjaringan 32 orang.Dan angkatan ke empat siswayang diterima berjumlah 35 orang dari yang mendaftar 90 orang.Minat orang tua menyekolahkan anaknya di SMP IT darul Hikmah terlihat begitu tinggi, hal ini ditunjukkan meningkatnya jumlah pendaftar dan positifnya respon masyarakat terhadap sekolah.SMP IT Darul Hikmah dikenal dikenal masyarakat sebagai sekolah alternative yang mampu menjawab tantangan zaman yang semakin berat.Sekolah ini hadir dengan warna baru dengan sistim pembinaan keislaman yang kuat.Jika libur siswanya datang ke masjid jika waktu sholat masuk, bahkan mampu azan saat petugas masjid datang terlambat.Mau membantu orang tua, serta tetap istiqamah dalam ibadah.Sekolah melakukan evaluasi yangserius terhadap anak jika libur, ada lembaran yang wajib diisi tentang target ibadah dan hafalan Qur’an. Kebanggaan lain yang juga termasuk aspek keunggulan SMP IT darul Hikmah adalah hafalan Qur’an. Hafalan Qur’an menjadisyaratkenaikan kelas, masing-masing kelas diberikan target hafal qur’an 1 juz untuk kelas VII, 2 Juz untuk kelas VIII, dan 3 Juz untuk kelas IX. Setiap siswa ditunda kenaikan kelasnya jika belum merampungkan target yang sudh ditetapkan.
Program lain sebagai budaya sekolah untuk seluruh tenaga pengajar, karyawan dan guru adalah sholat tahajjud minimal 3x seminggu, sholat sunat duha minimal 3x seminggu, puasa senin & kamis 1x perminggu, sholat wajib berjamaah setiap waktu, berinfak dan bimbingan belajar malam.
Berkat kerja keras, dan dalam kondisi yang masih kekurangan lokal belajar, bulan November 2011 SMP IT darul Hikmah memperoleh Ruang Kelas Baru (RKB) bantuan kemendiknas senilai Rp. 360.000.000,- bantuan ini dimanfaatkan untuk pembangunan 3 lokal belar, dan rampung dikerjakan Desember 2011 bangunan ini langsung ditempati. Bersamaan dengan itu, berkat sumbangan orang tua dan para donator, sekolah ini merampungkan pembangunan asrama putera ukuran 10x20m2. Alhamdulillah mulai ditempati bulan Mei 2012. Saat ini sedang berlangsung pembangunan asrama putri 2 lokal berkat bantuan dana sumbangan dari berbagai pihak termasuk orang tua siswa.
Angkatan ke V siswa SMP IT darul Hikmah tahun ajaran 2012/2013 adalah 63 orang dari jumlah pendaftar 160 orang.Lagi-lagi pengurus yayasan dan sekolah menemukan kendala tentang ketersediaan fasilitas asrama, lokal belajar, MCK, ruang makan dan lainnya.
Selain itu, hal yang sangat dibutuhkan saat ini adalah ruang pustaka, labor IPA dan Komputer. SMP IT Darul Hikmah belum memiliki sarana penting ini,. Sementara untuk peralatan labor komputer (TIK) sudah dibantu pemerintah pusat 9 unit, alat labor  IPA juga sudah ada, termasuk bantuan buku pustaka. Hanya saja belum ada ruangan, perlatan ini masih belum dapat digunakan secara maksimal bahkan masih di dalamkemasan kardus, belum dibuka semenjak dapat bantuan tahun 2010.
Namun kita patut berbangga, berkat kesungguhan para pengurus dan jajaran pimpinan sekolah beserta guru, di tengah keterbatasan sekolah ini mampu mengukir prestasi cemerlang.Termasuk berhasil menamatkan siswanya lulus 100 persen UN. Sementara sekolah lain di Pasaman Barat babak belur tidak mampu menamatkan siswanya karena terganjal UN.
Yayasan darul Hikmah juga sedang berjuang mewujudkan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Darul Hikmah, agar program pendidikan tetap berkesinambungan.Hal ini juga sesuai dengan harapan orang tua siswa yang sekarang anak-anaknya sekolah di SMP IT Darul Hikmah.Semoga selalu ada tangan-tangan dermawan yang siap membantu perjuangan sekolah ini.
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.