Berita Terbaru :

Senin, 06 Mei 2013

Rasa Malas

Oleh Dona Nofila Sari
Malas adalah suatu kebiasaan buruk yang sangat sulit untuk diatasi (bagi sebagian orang) oleh masyarakat. Sikap malas ini begitu banyak dampak negatifnya. Kebanyak para remaja pada masa sekarang ini sangat banyak yang terjangkit virus malas ini. Kemalasan ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah ketidaktepatan penggunaan teknologi yang kian hari kian meningkat. Sebut saja alat komunikasi handphone (HP), pada zaman sekarang HP bukan lagi barang mewah atau mahal, semua kalangan sudah bisa memiliki HP ini dengan berbagai tipe, tergantung kemampuan dan kebutuhan pemakai.
Seperti yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari, HP bisa menyebabkan kemalasan tingkat tinggi, hal ini disebabkan oleh si pemakai yang notabenenya kebanyakan remaja tidak bisa mengatur atau mengkondisikan saat-saat untuk menggunakan HP, hal ini mengakibatkan kemalasan yang berdampak pada banyak hal, diantaranya adalah tidak peduli dengan lingkungan sekitar, tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu. Selain itu, hal yang cukup riskan yang diakibatkan kemalasan ini adalah menurunnya prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.
Contoh lain yang menjadi pemicu kemalasan bagi kalangan remaja (dominan) adalah situs jejaring sosial yang sedang marak-maraknya, yaitu facebook. Banyak masyarakat terutama remaja sampai melalaikan banyak hal seperti belajar, shalat, pekerjaan rumah, dan bahkan makan sebagai kebutuhan dasar manusiapun terlalaikan. Kebanyakan remaja lebih suka bermalas-malasan sambil chatting di facebook sehingga tidak menghiraukan hal lain.
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa malas sangat banyak dampak negatifnya, prestasinya yang awalnya bagus bisa anjlok atau turun karena kemalasan yang diikuti sehingga akan terjadi kegagalan dalam suatu hal yang diinginkan. Misalnya saja ujian nasional (UN), apabila masih bermalas-malasan dan sibuk dengan urusan yang tidak begitu penting maka bisa mengakibatkan ketidaklulusan ujian, ketidaklulusan inipun mengakibatkan hal yang sangat fatal, misalnya saja bunuh diri.
Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa malas, diantaranya adalah mengenal apa tujuan kita hidup, dengan mengetahui apa tujuan kita hidup ataupun tujuan melakukan sesuatu maka dengan sendirinya rasa malas akan hilang, karena sudah ada terbayang di depan mata apa saja yang harus dicapai. Selain itu, buatlah targetan-targetan yang harus dicapai, jangan takut membuat target setinggi-tingginya, karena dengan adanya target yang tinggi akan memacu keinginan untuk berbuat lebih agar hasil yang diperoleh sempurna atau mendekati sempurna. Jangan biarkan diri terjerat dalam kemalasan yang berujung petaka. Ayo lawan rasa malas.
Karya: Dona Nofila Sari, Siswi Kelas VIII, SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat. Tulisan ini terbit di Singgalang Rabu, 7 November 2012
 

© Copyright WEBSITE RESMI SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT 2010 -2011 | Design by | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.